Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cakupan Perlindungan asuransi pembelian di Bukalapak

Cakupan Perlindungan

Jenis Perlindungan ;
Menjamin risiko kerugian (kehilangan atau kerusakan) termasuk nilai produk dan biaya pengiriman terkait yang terjadi selama proses pengiriman oleh mitra logistik Bukalapak dari tempat penjual ke lokasi pembeli untuk satu pengiriman, pada objek yang diasuransikan kecuali yang termasuk dalam pengecualian.
Periode Perlindungan ;
40 Hari kalender sejak barang dikirimkan
Detail Perlindungan ;
Nilai tanggungan yang dapat diasuransikan senilai harga barang ditambah dengan ongkos kirim, setinggi tingginya Rp. 100.000.000 per 1 (satu) order paket pengiriman. Harga tersebut tidak termasuk dengan harga packing kayu jika pengiriman dilakukan dengan packing kayu. Untuk barang seni budaya maksimal Rp. 50.000.000 per 1 paket pengiriman.
Kerugian yang ditanggung oleh Asuransi Pengiriman adalah kerusakan total pada 1 paket pengiriman atau kehilangan paket pengiriman dalam perjalanan.
Apabila dalam 1 paket pengiriman terdapat sebagian jumlah barang yang mengalami kerusakan total atau kehilangan, maka yang digantikan hanya sebagian sesuai dengan nilai barang yang mengalami kerugian tersebut.
Ketentuan Perlindungan Pengiriman ;
Perlindungan Pengiriman adalah fitur yang disediakan Bukalapak sebagai layanan pembelian asuransi pengiriman barang antara Pengguna dengan PT Sompo Insurance Indonesia (Terdaftar dan diawasi oleh OJK) dan Axinan Pte Ltd.
Bukalapak bukan penjual dan/atau penyedia asuransi pengiriman, melainkan sebagai penghubung antara PT Sompo Insurance Indonesia dan AXINAN PTE Ltd. dengan Pengguna melalui layanan Perlindungan Pengiriman.

Pengajuan Klaim

Ajukan klaim dengan penjelasan detail masalah yang dialami dalam pengiriman (rusak atau hilang).
Klaim barang rusak harus melampirkan foto bukti barang dan bungkus paket.
Klaim barang hilang seharga Rp5.000.000 atau lebih harus melampirkan surat keterangan hilang dari polisi.
Proses klaim dilakukan maksimal dalam 3 hari kerja.
Dokumen Tambahan diperlukan apabila ;
Nilai klaim lebih dari 5 juta rupiah (atau untuk kategori elektronik sudah harus menambahkan laporan kepolisian untuk klaim lebih dari 2 juta rupiah)
Nilai klaim lebih dari 10 juta rupiah, maka akan ada 1 tambahan pengecekan oleh pihak provider asuransi.
Dalam hal barang yang bernilai > IDR 1.000.000 dan tidak mudah rusak/makanan, barang harus dikirim kembali kepada PT Sompo Insurance Indonesia
Pengguna memahami bahwa Bukalapak tidak menjamin atas proses verifikasi AXINAN PTE Ltd. terhadap dokumen pengajuan klaim.

Pengecualian

Asuransi pengiriman tidak mencakup hal-hal berikut dalam keadaan apa pun:
Biaya tambahan untuk pengiriman seperti packing kayu.
Kerugian atau biaya akibat kesalahan yang disengaja oleh pembeli atau Tertanggung.
Kebocoran, susut berat atau volume, atau keausan yang wajar dari barang yang diasuransikan.
Kerusakan atau kerugian biaya yang disebabkan oleh pengemasan yang tidak layak atau tidak melindungi produk yang diasuransikan selama pengiriman.
Kerusakan atau kerugian biaya yang disebabkan oleh kerusakan diri atau sifat dari objek yang dipertanggungkan.
Kerusakan atau kerugian biaya yang disebabkan oleh kebangkrutan atau kegagalan keuangan dari pemilik charter manager atau operator kapal di mana Tertanggung tahu, atau dalam praktiknya harus mengetahui bahwa kebangkrutan atau kegagalan finansial tersebut dapat mengganggu perjalanan.

Jenis kerugian yang tidak dapat diklaim oleh Perlindungan Pengiriman
Kerugian atau kerusakan atau kehilangan yang disebabkan atau ditimbulkan oleh sifat dari barang-barang itu sendiri termasuk aus atau menyusut/berkurangnya timbangan.
Keterlambatan sampai di tempat tujuan yang melampaui batas waktu lamanya pengiriman yang wajar.
Kerugian atau kerusakan atau kehilangan sebagai akibat oksidasi, kontaminasi polusi dan reaksi nuklir.
Kerugian yang disebabkan oleh adanya kolusi/konspirasi/fraud yang dilakukan secara berkelompok antara pembeli dan penjual.
Kerusakan karena rusak fungsi-sistem barang untuk barang-barang elektronik, jika tidak ada kerusakan fisik terhadap barang yang diasuransikan, yang disebabkan oleh risiko-risiko yang dijamin dalam asuransi pengiriman.
Kerusakan pada fisik barang dan kehilangan sebagian barang yang tidak disertai kerusakan pada kemasan pengiriman.
Kerusakan yang telah terjadi sebelumnya untuk barang-barang bekas.

Jenis barang yang tidak termasuk dalam Perlindungan Pengiriman
Narkotika, obat-obat tidak terdaftar di Dinkes dan/atau BPOM, dan obat yang harus disertai dengan resep dari Dokter.
Senjata api, kelengkapan senjata api, replika senjata api, airsoft gun, air gun, dan peluru atau sejenis peluru, senjata tajam, serta jenis senjata lainnya.
Dokumen Pemerintahan atau Perjalanan.
Bagian atau organ manusia.
Mailing List dan informasi pribadi.
Barang-barang yang melecehkan pihak atau ras tertentu atau dapat menyinggung perasaan orang lain.
Barang yang berhubungan dengan kepolisian.
Barang yang belum tersedia (PO = Pre Order) terkecuali Pelapak sanggup mengirim barang dalam waktu yang telah ditentukan (waktu kirim barang) atau 2x24 jam kerja setelah status transaksi `Dibayar`.
Barang Curian, Barang Mistis, CD, DVD dan Software Bajakan serta Barang cetakan/rekaman yang isinya dapat mengganggu keamanan & ketertiban serta stabilitas nasional.
Pembuka kunci dan segala aksesori penunjang tindakan perampokan/pencurian.
Barang yang dapat dan atau mudah meledak, menyala atau terbakar sendiri.
Pornografi, sex toys (termasuk kondom), alat untuk memperbesar organ vital pria/wanita, maupun barang asusila lainnya.
Segala jenis binatang atau hewan peliharaan.
Jasa, donasi, sewa menyewa, promo event dan sejenisnya terkecuali ada kerjasama resmi dengan pihak Bukalapak.
Otomotif (Motor/Mobil) terkecuali ada kerjasama resmi dengan pihak Bukalapak, Velg Mobil, Properti (rumah, tanah dan lain-lain).
Barang-barang lain yang melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.

Pengiriman Dana Klaim dan Pengembalian Premi Asuransi;

Wajib memberikan data nomor rekening bank tujuan atau nomor akun Dompet Elektronik, untuk keperluan pengiriman dana klaim asuransi atau pengembalian dana premi asuransi igloo.
Dana akan ditransfer ke rekening Pengguna dalam waktu maksimal 3 hari kerja untuk rekening tujuan bank BCA, Mandiri, BRI, Jenius, DBS atau tujuan Dompet Elektronik (Gopay, OVO, DANA).
Dana akan ditransfer ke rekening Pengguna dalam waktu maksimal 3 hari kerja untuk rekening tujuan selain dari bank yang terdaftar pada Saluran Pembayaran.
Untuk pengiriman dana dengan pilihan transfer bank pengguna wajib melampirkan bukti kepemilikan rekening yang sesuai dengan nama yang terdaftar sebagai Tertanggung asuransi.
Pencairan dana hanya dapat dilakukan sebanyak satu kali sehari terhadap satu rekening tujuan.
Pencairan dana selain ke rekening bank BCA, BRI, Mandiri, Jenius, DBS akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 6.500 atau Rp 3.500 sesuai dengan ketentuan yang berlaku dari bank bersangkutan
Khusus untuk tujuan Dompet Elektronik :
Go-Pay : nominal minimum Pencairan Dana adalah Rp 10 (sepuluh rupiah)
OVO : nominal minimum Pencairan Dana adalah Rp 10.000 (sepuluh ribu rupiah)
DANA : nominal minimum Pencairan Dana adalah Rp 10.000 (sepuluh ribu rupiah)
Untuk seluruh tujuan Dompet Elektronik, nilai maksimum pencairan dana adalah Rp 50.000 (lima puluh ribu rupiah).
Dalam hal Tertanggung meninggal dunia atau mengalami keterbatasan fisik lainnya, maka igloo akan melakukan pencairan ke rekening bank yang terdaftar dan/atau pernah terdaftar di Akun Bukalapak.
Dalam hal nama pemilik rekening berbeda dari nama Tertanggung asuransi, maka wajib dilampirkan surat kuasa dan / atau surat kematian dan / atau surat pernyataan dan / atau dokumen pendukung lainnya yang diterbitkan dan / atau diketahui oleh pihak berwenang dan / atau negara disertai identitas diri yang sesuai.
igloo akan melakukan tindakan yang diperlukan termasuk, namun tidak terbatas, pada pemeriksaan, penundaan, dan/atau pembatalan terhadap pencairan dana apabila ditemukan adanya indikasi atau tindakan nyata pelanggaran, kecurangan, manipulasi, penipuan dan/atau kejahatan.
Pemeriksaan, penundaan, dan/atau pembatalan terhadap pencairan dana Pengguna yang dilakukan oleh igloo, dapat dilakukan dalam jangka waktu selama yang diperlukan.
close
Agen Iklan
Pasang Iklan Anda di sini
Hubungi kami 088210361307